kuroneko no nikki

kuroneko no nikki

my nikki

here are couples of words that i make, hope u can give some comment to it, ^_~ V

Tuesday, April 9, 2013

Urus - urus Passport di Kantor Imigrasi Bandara Soekarno Hatta

akhirnya... punya passport juga.. 

walaupun belum ada rencana mau kemana2, tapi siapa tahu ya kan.. ada yang ngasih uang kaget buat keluar negeri or.. maybe tiba2 ada yang ngirim gue ke Jepang gtu kan.. hahaha *totallykhayal*

sebenernya bikin passport karena pada saat itu bekerja di sebuah perusahaan Travel di Jakarta dan disana ada kans untuk dikirim ke luar negeri, jadilah saya membuat passport.

dan FYI, ga mudah bikin passport dengan membawa "badan" sendiri ke kantor Imigrasi lho.. berhubung saya maunya yang murah, jadilah saya urus sendiri itu passport sekitar 1 bulan lalu di kantor Imigrasi Bandara.

eh.. belum juga tu passport jadi, saya udah keburu keluar dari perusahaan itu.. hmm.. yah.. tapi tak apa lah.. satu saat pasti berangkat kuq.. aamiin..

lagipula saya punya dua tahi lalat di kaki, yang katanya  niih.. (kata siapa tahu deh..) kalo punya tahi lalat di kaki pasti bakal berangkat keluar negeri.. (diaminin ajah.. aamiin)

ngurusin passport sendiri ternyata butuh perhatian extra, pertama yang harus dilakukan nih.. buka website imigrasi di www.imigrasi.go.id trus daftarin nama kamu secara online di sana, ikutin aja petunjuknya, gampang kuq..

setelah pendaftaran on-line selesai, nanti akan dapat bukti pendaftaran online yang harus dirimu Print. bawa itu ke kantor imigrasi dan datanglah sebelum kantor imigrasi buka (jam 8 pagi bukanya).

berdasarkan pengalaman bikin passport di kantor Imigrasi Khusus I Bandara Soekarno Hatta, setelah mendaftarkan online dan membawa bukti daftarnya, serahin ke petugas imigrasi yang berjaga diluar dan menjaga dokumen2 yang sudah ditumpuk dari pagi oleh orang2 yang juga akan membuat passport dan urusan lainnya.

tumpukan itu yang akan nantinya mendapatkan nomor dari petugas imigrasi yang ada di dalam, kalo datang kurang pagi, bisa2 ga akan dapat nomor dan harus kembali lagi esok hari.

tapi kalo kamu udah daftar online sebelumnya, (Insya Allah) bakal dapat nomor, asal tetep taruh bukti daftar online itu ditumpukan tadi sebelum jam 8 pagi.

nah udah gtu, nama kamu bakal dipanggil sesuai dengan urutan yang ada di tumpukan tadi dan akan diminta ke loket 1 untuk dapet nomor.

dan tunggulah sampai giliran kamu, jangan lupa bawa kelengkapan dokumen seperti yang tertera di website imigrasi tadi. kalau bisa bawa dokumen2 aslinya, incase dibutuhkan, dan copy semuanya masing2 satu lembar.

nah.. setelah nomor kamu dipanggil, tunjukkan semua berkas2 yang kamu punya dan serahkan juga copyannya, jika belum fotocopy kamu akan diminta memfotocopynya (hiks.. terjadi pada ku)

dan setelah berkas dinyatakan lengkap, kamu akan diminta menunggu (lagi) untuk melakukan pembayaran, tunggu sampai nama kamu dipanggil ke loket bayar.

biasanya untuk saat ini, semua proses itu bisa dilakukan dalam satu hari, setelah melakukan pembayaran, (jika beruntung) kamu akan diminta masuk ke ruang foto untuk mengambil foto passport sekaligus interview (ya.. cuma paling2 ditanya kenapa bikin passport, mau kemana, de el el)

trus... setelah itu..akan diberi bukti ambil passport yang kurang lebih 1 minggu dari waktu pembuatan. 

dan... yak (seminggu kemudian) tara.... jadilah passport saiaaa..






4 comments:

  1. Hi Mba, terima kasih untuk share-nya. Lumayan cepat ya prosesnya di imigrasi Bandara.
    Oya, sekedar mengingatkan, paspor-nya kalau mau dipajang, foto dan data2 penting lainnya kalau bisa disensor dulu biar tidak rawan dipalsukan.
    Salam.

    ReplyDelete
  2. Mbak numpang tanya, Lokasi Imigrasi di Bandara Soetta di mananya ya? Terminal 2? Terima kasih sebelumnya...

    ReplyDelete
  3. Mba klw kartu KK Sm akte harus yang asli dibawa?ga mba...

    ReplyDelete
  4. mba e mba e.. itu paspor dicabut aja gambarnya, ga bole dipajang gtu rawan kejahatan.. (setuju dgn Abdi)

    ReplyDelete